Halaman

Thursday, October 25, 2012

Ukuran Lebih Mini, Harga Paling Maksi

SAN JOSE - Apple Inc benar-benar menggunakan tahun 2012 sebagai ajang merilis seri iPad. Kemarin (24/10) di San Jose, California, Amerika Serikat, perusahaan itu resmi memperkenalkan iPad Mini, produk tablet dengan ukuran layar 7,9 inci. Sebelumnya, Apple sudah memperkenalkan iPad generasi 3 pada 7 Maret 2012 dan iPad generasi 4 pada 23 Oktober 2012. Artinya, tahun ini ada tiga tipe iPad yang mereka luncurkan.

Berukuran lebih kecil, Apple mendesain iPad dengan spesifikasi sama dengan iPad 2. Produk yang resmi beredar pada 2 November 2012 di 34 negara tersebut memiliki dua tipe, yakni wifi dan wifi dengan seluler dengan kemampuan LTE. Di antara puluhan negara tersebut, hanya ada empat negara di Asia yang bakal menjadi tempat penjualan iPad Mini pertama, yakni Jepang, Korea Selatan, Singapura, dan Hongkong.

''iPad Mini ini bukan hanya (produk) iPad generasi lama yang diperkecil ukurannya. Tapi, seluruhnya adalah desain baru,'' ungkap Senior Vice President Marketing Apple Phil Schiller saat memperkenalkan produk tersebut di depan media dan undangan. iPad Mini yang harganya dibanderol mulai USD 329 (USD 459 untuk tipe wifi dan LTE) memiliki tebal 7,2 milimeter. Bandingkan dengan iPad 2 yang tebalnya 8,8 milimeter. Berbalut materi aluminium, beratnya hanya 308 gram atau 53 persen lebih ringan daripada iPad 2.

Berbeda dengan peluncuran iPad generasi 4, saham Apple di Wall Street langsung memerah setelah peluncuran iPad Mini. Kondisi tersebut disebabkan para analis dan investor meragukan kesuksesan produk anyar itu. Pasalnya, di kelas tablet berlayar 7 inci, harga iPad Mini dianggap terlalu tinggi sehingga menurunkan minat beli konsumen.

Kritik harga tersebut ditanggapi oleh Phil Schiller yang mengatakan bahwa konsumen mau membayar untuk kualitas Apple yang tidak akan ditemukan di produk rival lainnya, seperti Google dan Amazon. Tablet iPad Mini tersebut memiliki semua fungsi dan fitur iPad 10 inci, namun memiliki ukuran yang lebih kecil. ''Aplikasi untuk iPad akan berjalan sempurna di iPad Mini,'' kata Schiller. (rts/aan/ap/c6)

Sumber: Jawa Pos

No comments:

Post a Comment