Halaman

Tuesday, September 11, 2012

Konser 5 Negara dalam Sehari

Cara Unik Noah Rilis Album

JAKARTA - Akhir pekan ini, 16 September, sangat istimewa bagi Noah. Band beranggota Ariel, Uki, Reza, Lukman, dan David itu akan merilis album yang telah tertunda lebih dari dua tahun. Noah punya rencana besar untuk merayakan momen tersebut. Tidak tanggung-tanggung, mereka akan menggelar showcase di lima negara dalam sehari.

Lima negara tersebut adalah Australia, Hongkong, Singapura, Malaysia, dan Indonesia. Itu bakal memecahkan rekor mereka sendiri saat merilis album Taman Langit pada 2004. Saat itu, masih mengusung nama Peterpan, mereka konser di lima kota dalam sehari.

"Sesuai dengan ide tentang konser ini, yakni breaking Peterpan. Dulu kami pernah punya rekor sendiri. Dalam sehari, kami konser di Medan, Padang, Riau, Lampung, Semarang, lalu berakhir di Surabaya," jelas Ariel dalam konferensi pers di The Hall Senayan City Jakarta kemarin (11/9).

"Waktu itu dapat rekor Muri. Yang sekarang kami ingin masuk rekor dunia. Mudah-mudahan bisa, ya," harapnya. Selain itu, 16 September merupakan hari ulang tahun Ariel. Sepertinya, semua sudah disiapkan agar menjadi sesuatu yang spesial buat pemilik nama Nazril Irham tersebut.

Tapi, menurut Ariel, itu hanya kebetulan. Launching album harus dilakukan bulan ini dan kebetulan tanggal 16 September jatuh pada Minggu. "Hari Minggu kan libur, kalau diundur ke hari berikutnya sudah lewat ulang tahun saya juga. Saya sih senang saja daripada nggak ngapa-ngapain di hari ulang tahun," ungkap dia.

Karena merupakan penampilan besar setelah Ariel bebas dari penjara, segala persiapan pun mulai dilakukan. Lantaran sudah cukup lama tidak manggung, mereka pun berlatih intensif, terutama latihan main musik. "Sudah lama nggak manggung intensif. Harus latihan fisik juga, olahraga tiap hari. Kami juga sudah mulai nggak tertekan lagi. Kami sepakat untuk menghilangkan yang negatif, menghilangkan beban, dan ketakutan," tegasnya.

Marcel Permadi, account director Berlian Entertainment selaku promotor konser tersebut, menjelaskan bahwa rencana itu memang sudah dibicarakan cukup lama antara pihaknya dengan Musica Studio's selaku label Noah. Bahkan, sebelum Ariel bebas.

Rencananya, konser dimulai di Melbourne pukul 00.01, Hong Kong pukul 10.30, Kuala Lumpur 16.00, Singapura 18.30, dan puncaknya di Gandaria City Jakarta pukul 22.30. Semua dalam hitungan waktu setempat. Karena jadwal sangat ketat, Noah pun akan diangkut menggunakan pesawat pribadi.

Venue di tiap negara bervariasi. Ada yang indoor dan ada yang outdoor. Pihak Berlian Entertainment pun mengirim tim ke lima negara tersebut untuk melakukan persiapan. "Kami kirim tim di tiap negara. Tapi, di tiap negara kan ada kru lokal juga. Peralatan konser yang dibawa ke pesawat juga yang penting-penting aja seperti gitar, amplifier, dan efek," jelas Marcel.

Di tiap negara, Noah akan menyanyikan sekitar enam lagu, lalu langsung pindah ke negara lain. "Hari ini (kemarin, Red) tiket mulai dijual di tiap negara. Pasarnya sih orang Indonesia yang ada di sana, tapi tidak tertutup kemungkinan juga warga lokal," terang Marcel.

Di Jakarta, konser dilakukan dua kali. Setelah tanggal 16 September yang bertepatan dengan launching album, konser kembali digelar pada 2 November. (jan/c14/na)

Sumber: Jawa Pos tgl 12/9/12

No comments:

Post a Comment