Halaman

Sunday, September 9, 2012

Mengenali Gejala Stroke & Memahami Stroke.

Pada suatu pesta, Lola tiba-tiba tersandung dan jatuh. Ia meyakinkan semua orang bahwa dia baik-baik saja, hanya tersandung batu karena sepatu yang baru. Lola terus bersenang-senang sepanjang malam. Beberapa waktu berselang, suaminya menelpon bahwa isterinya dibawa ke Rumah sakit. Dan pada Jam 6 pagi meninggal. Ia terkena serangan stroke saat pesta. Kalau saja di antara mereka ada yang tahu bagaimana mengenali stroke, kemungkinan lola bisa masih bisa hidup. Seorang Neurolog menyatakan bahwa penderita stroke dalam 3 jam pertama serangan dapat sembuh total sama sekali. Jika dapat dengan cepat mengenali gejala, mendiagnosa dan membawa pasien untuk pengobatan ahli sesegera mungkin. Jangan lewat dari 3 jam, karena kalau tidak akan terjadi kerusakan permanen.

MENGENALI STROKE :

Ingat 3 langkah ‘STR’. Para dokter
menyatakan orang terdekat dapat mengenali stroke dengan menanyakan 3 pertanyaan sederhana :

- S: SMILE. Minta penderita untuk tersenyum. Kalau pipi miring, maka ada kelumpuhan saraf.

- T : TALK. Minta orang tersebut untuk berbicara kalimat singkat (misal: Hari ini cerah, atau apa saja). Kalau omongannya pelo, ini gejala stroke.

- R : Minta dia untuk RAISE BOTH ARMS (Mengangkat kedua lengan). Kalau tidak bisa mengangkat artinya ada kelumpuhan akibat stroke.

Jangan terlambat panggil ambulans atau membawa ke Rumah sakit segera. Jika ada salah satu dari gangguan untuk melakukan STR, segera panggil ambulans & ceritakan keadaan ini kpd petugas.

Cara lain untuk mengenali stroke adalah : Minta orang tersebut menjulurkan lidahnya. Jika lidah “bengkok”, menyimpang ke satu arah, ini juga merupakan suatu tanda dari stroke.

No comments:

Post a Comment