Halaman

Monday, October 8, 2012

Falcao Saingi Ronaldo - Messi

MADRID - Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo boleh menunjukkan ketajaman masing-masing di el clasico. Tetapi, mereka tidak bisa mengklaim sebagai pemain tersubur di Primera Division musim ini. Setelah menyelesaikan jornada ketujuh, ada tiga pemain yang memuncaki daftar el pichichi (top scorer) dengan raihan delapan gol.

Selain Messi dan Ronaldo, ada bomber Atletico Madrid Radamel Falcao. Jika Messi dan Ronaldo hanya meraih satu angka bersama klub masing-masing kemarin, Falcao mengantarkan Atletico merebut tiga angka setelah menundukkan Malaga 2-1 di Vicente Calderon.

Dalam laga tersebut, Falcao tidak hanya membuka skor via sundulan pada menit ke-6. Tetapi, striker berjuluk El Tigre atau Si Harimau itu juga berperan mem-pressure defender Malaga Weligton menceploskan bola ke gawangnya sendiri pada menit ke-90. Gol yang memupus asa tim tamu meraih hasil seri setelah gol Roque Santa Cruz (36').

Di musim lalu atau dalam debutnya di Primera Division, Falcao berhasil menjaringkan 24 gol. Namun, capaian itu masih kalah jauh daripada Messi (50 gol) dan Ronaldo (46 gol). ''Sekali lagi saya tegaskan, saya tidak terobsesi bersaing dengan Messi dan Ronaldo," kata Falcao sebagaimana dilansir Cadena SER.

''Saya mencetak gol hanya untuk membantu tim yang saya bela. Di akhir musim, baru kita lihat di mana posisi saya (dalam daftar el pichichi, Red)," sambungnya.

Pernyataan berbeda diungkapkan mantan entrenador Real Madrid Bernd Schuster. Dia menilai Falcao sudah layak ditempatkan sejajar dengan Messi dan Ronaldo. ''Dia (Falcao) juga seperti berasal dari planet lain. Tapi, saya lihat Atletico memang masih akan berada di bawah Barca dan Real musim ini," tuturnya.

Di sisi lain, aksi Falcao kemarin ditonton langsung pelatih Manchester City Roberto Mancini. Rumor Falcao bakal hengkang ke Premier League, sebagaimana impiannya, kembali mengemuka. Selain City, Chelsea dan Arsenal tertarik memboyong striker 26 tahun tersebut.

Tetapi, Presiden Atletico Enerique Cerezo menyikapi masa depan Falcao dengan santai. ''Saya tahu Mancini berada di stadion. Saya berpikir kedatangannya ke Spanyol mungkin sedang dalam urusan mencari rumah di Malaga," selorohnya kepada Canal Plus. (dns/c7/bas)

---

Bukan Dua, tapi Tiga

LIONEL Messi dan Cristiano Ronaldo mendapat saingan dari Radamel Falcao dalam persaingan memburu trofi el pichichi musim ini. Ketiganya sama-sama memuncaki daftar el pichici dengan 8 gol sampai jornada ketujuh. Siapa yang terbaik sejauh ini ?

---

Lionel Messi (Barcelona)

Gol : 8

Gol Penalti : 1

Menit Bermain : 573 menit

Menit per Gol : 72

Assist : 3

Keterangan : Jika dibuat poin, Messi memiliki poin lebih banyak (11) ketimbang Falcao (9) dan Ronaldo (8).

Cristiano Ronaldo (Real Madrid)

Gol : 8

Gol Penalti : 3

Menit Bermain : 602 menit

Menit per Gol : 56

Assist : 1

Keterangan : Dengan Real mengemas 14 gol, Ronaldo memiliki kontribusi paling besar bagi tim (57,1%) ketimbang Falcao (44,45) maupun Messi (42,1%).

Radamel Falcao (Atletico Madrid)

Gol : 8

Gol Penalti : 4

Menit Bermain : 445 menit

Menit per Gol : 75

Assist : -

Keterangan : Gol-gol dari Falcao lebih merata baik dari kepala, kedua kaki, serta dari open play maupun bola mati.

Sumber: Jawa Pos, tgl 9/10/12

No comments:

Post a Comment