Halaman

Friday, October 19, 2012

Garuda Indonesia-Etihad Airways Bersinergi Melayani Rute Bersama

Garuda Dapat Akses Rute ke 80 Kota di 50 Negara

Hubungan antarmaskapai penerbangan tidak hanya diwarnai dengan persaingan berebut penumpang. Sinergi kadang menjadi pilihan agar bisa memberikan layanan yang optimal. Strategi sinergi itulah yang kini dilakukan Garuda Indonesia dan Etihad Airways.

---

GARUDA Indonesia dan maskapai penerbangan dari Uni Emirat Arab Etihad Airways melakukan kerja sama strategis di Abu Dhabi Kamis (18/10). Dua maskapai itu secara resmi mengumumkan kerja sama codeshare agreement. Penandatanganan kerja sama tersebut dilaksanakan Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Emirsyah Satar dan President & CEO Etihad Airways James Hogan di Kantor Pusat Etihad Airways, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Kamis (18/10). Turut hadir menyaksikan acara itu Duta Besar RI untuk Uni Emirat Arab (UAE) Salman Al Farisi.

Melalui kerja sama codeshare tersebut, Garuda Indonesia akan menjadi partner bagi Etihad Airways untuk pengembangan destinasi mereka di wilayah timur (eastern outbounds). Sementara itu, Etihad Airways akan mendukung pengembangan network Garuda Indonesia di wilayah barat (western outbounds), yaitu sektor beyond Abu Dhabi.

Menurut Emir, panggilan akrab Dirut Garuda, kerja sama itu memperkuat jaringan penerbangan dua maskapai tersebut di seluruh dunia. Melalui kerja sama itu, para penumpang Garuda Indonesia dari Jakarta dan kota-kota lainnya di Indonesia akan terhubung dengan penerbangan ke lebih 80 kota atau tujuan di 50 negara di dunia yang dilayani oleh Etihad Airways. Etihad melayani penerbangan ke Eropa, Amerika Utara, Timur Tengah, dan Afrika. Karena kemudahan yang ditawarkan tersebut, partnership itu akan membawa dunia ke Indonesia. "Tentunya kerja sama ini akan memberi nilai tambah bagi seluruh penumpang kedua maskapai, khususnya mempermudah mereka dalam melaksanakan penerbangan ke kota-kota destinasi menarik yang dilayani kedua maskapai," ujarnya.

Kerja sama itu merupakan tindak lanjut penandatanganan MoU antardua maskapai tersebut pada September lalu yang mencakup bidang passenger codeshare, kerja sama kargo, peningkatan layanan di bandara, bidang engineering/maintenance, layanan lounge, dan frequent flyer program. Kerja sama komersial tersebut merupakan bagian dari pelaksanaan program pengembangan jaringan/network penerbangan Garuda Indonesia yang tertuang dalam Quantum Leap 2011-2015" selain sebagai upaya Garuda Indonesia untuk secara terus-menerus meningkatkan layanan kepada para pengguna jasa.

Sementara itu, President & CEO Etihad Airways James Hogan mengatakan bahwa kerja sama codeshare dengan Garuda Indonesia merupakan bagian dari program penting strategi pengembangan jaringan Etihad. "Partnership dengan Garuda Indonesia akan memberikan kontribusi positif atas pencapaian dari perluasan jaringan dan perluasan brand di Asia Tenggara,'' ujarnya.

Kerja sama codeshare itu efektif berlaku mulai 28 Oktober 2012. Melalui kerja sama tersebut, penumpang Garuda Indonesia dari berbagai kota di Indonesia akan terhubung dengan lebih dari 80 destinasi Etihad Airways di 50 kota di dunia. Garuda Indonesia akan menjadi marketing party dan dapat menjual tiket penerbangan ke lebih dari 27 kota destinasi menarik Etihad Airways di Eropa, Amerika Utara, Timur Tengah, dan Afrika. (mik/c6/kim)

Sumber: Jawa Pos

No comments:

Post a Comment