Halaman

Friday, October 19, 2012

Stop Grasi Terpidana Narkoba

JAKARTA - Kaukus Masyarakat Peduli Anak dari Kejahatan Narkoba meminta DPR menggunakan hak interpelasi terhadap Presiden SBY. Kaukus berharap agar presiden memberikan penjelasan kepada publik tentang dasar pertimbangan pemberian grasi kepada bandar narkoba.

''Kami mengharapkan adanya langkah konstitusional yang dimiliki DPR untuk bisa menanyakan kepada presiden terkait pemberian grasi itu,'' kata Juru Bicara Kaukus Asrorun Niam Sholeh saat diterima Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso di gedung DPR kemarin (19/10).

Asrorun mencontohkan dua grasi yang diberikan presiden kepada terpidana kejahatan narkoba. Mereka adalah Deni Setia Maharwan melalui Keppres No 7G/2012 bertanggal 25 Januari 2012 dan Merika Pranola dengan Keppres No 35/G/2011 bertanggal 26 September 2011.

Melalui grasi itu, vonis hukuman mati para terpidana yang merupakan produsen dan pengedar narkoba tersebut diturunkan menjadi hukuman seumur hidup. ''Pemberian grasi pasti menjadi faktor yang melemahkan gerakan melawan narkoba dan mengurangi efek jera terpidana dan pelaku kejahatan narkoba,'' tegas Asrorun.

Asrorun meminta, ke depan presiden tidak lagi memberikan grasi kepada produsen dan pengedar narkoba. ''Kami mengusulkan moratorium grasi untuk produsen narkoba,'' kata Ketua Divisi Sosialisasi Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) itu.

Kaukus juga mempersoalkan putusan peninjauan kembali (PK) dari MA No 39/PK/Pid.Sus/2011. Dalam putusannya, MA menganulir hukuman mati terhadap terpidana narkoba Henky Kurniawan.

Yang semakin menjadi ganjalan, dalam pertimbangan hukumnya, majelis hakim PK menyatakan bahwa hukuman mati bertentangan dengan pasal 28 ayat (1) UUD 1945. Melalui pimpinan DPR, mereka juga menyampaikan surat terbuka kepada Presiden SBY.

Turut bergabung dalam kaukus, antara lain, Perhimpunan Advokasi Anak Indonesia, LPBH PB NU, MUI, IPNU, Lembaga Studi Agama dan Sosial (eLSAS), dan Gerakan Nasional Antinarkotika (Granat).

Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso menyampaikan apresiasi atas masukan dari kaukus. Dia berjanji, surat terbuka yang ditujukan kepada Presiden SBY itu akan diproses secara resmi di DPR. (pri/c4/agm)

Sumber: Jawa Pos

No comments:

Post a Comment