Halaman

Wednesday, November 14, 2012

Kuasa Doa

Yakobus 5 : 13-18

Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan sangat besar kuasanya. (Yakobus 5: 16)

Dalam banyak kesempatan, kami sering berdoa syafaat untuk pemerintah, gereja bahkan orang- orang yang sedang susah, sakit, dll. Biasanya orang yang didoakan memiliki pengertian yang keliru bahwa doa-doa kami begitu baik dan sangat besar kuasanya. Di saat pengertian keliru terjadi , kami berusaha menjelaskan secara benar apa maksud dari doa orang yang benar bila dengan yakin di doakan sangat besar kuasanya.

Yang dimaksudkan dengan orang yang benar adalah orang yang telah dibenarkan di dalam Yesus Kristus. Kita dibenarkan bukan karena telah hidup benar, melainkan karena iman percaya kepada Kristus sehingga kita dibenarkan/dipilih sebagai umat-Nya (Lukas 18: 7; Roma 5: 1). Setiap kita yang sungguh percaya diberikan kuasa untuk mendoakan setiap orang termasuk mendoakan para pemimpin, orang-orang yang sedang berkesuhanan, dll.

Sedangkan yang dimaksud dengan “kuasa doa” sebenarnya adalah kuasa Allah yang dinyatakan melalui doa-doa orang percaya. Untuk itu, marilah kita setia berdoa dengan iman yang teguh, maka kita dapat melihat kuasa dan mujizat TUHAN di dalam setiap persoalan pribadi, keluarga dan bahkan persoalan-persoalan lain yang terjadi di negara kita agar para pemimpin bijaksana dalam menjalankan kebenaran dan keadilan.

Pada zaman Ezra, di sana kita melihat tindakan Allah yang mengubah hati Koresy, Raja Persia, untuk mengeluarkan perintah agar mengijinkan umat Tuhan kembali ke Yerusalem (Ezra 1: 1). Raja Darius yang memerintahkan pembangunan kembali Bait Allah. Ezra menulis bahwa Tuhanlah yang mengubah sikap raja Darius (Ezra 6: 22; bd. Nehemia 1: 4-6). Untuk itu, berdoa senantiasa sebagai orang benar dan jangan selalu menantikan untuk didoakan oleh orang lain, sebab saudarapun memiliki “kuasa doa” bila saudara hidup benar di dalam firman TUHAN.

Inspirasi: Allah akan menyatakan kuasa-Nya melalui doa orang benar dan orang yang benar memiliki kuasa ketika sedang berdoa.

Sumber: http://www.todaymanna.com/renungan/kuasa-doa/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=kuasa-doa

No comments:

Post a Comment