Halaman

Monday, August 26, 2013

Keuntungan & Kerugian Belanja Online

 

tips aman belanja-online

Sekarang eranya sudah berubah dalam berbelanja, dulu kita diharuskan melakukan upaya yang mana raga kita diharuskan hadir di suatu tempat. Kini sudah berubah, hanya dalam gengaman tangan dan ketikan jari kita bisa melakukan transaksi pembelian / belanja… yang kini sering dikenal dengan istilah belanja online.

Tapi semuanya itu ada nilai minus plusnya, berikut Keuntungan dan Kerugiannya.

Kita mulai dari keuntungannya:

thCA45Z0GA

  1. Dengan duduk atau tiduran di depan computer kita sedah bisa berbelanja berbagai macam barang baik pakaian, alat elektronik alat kesehatan dan sebagainya. Misalnya kita kalau kita ...pengen beli baju gak perlu ke butik atau mall. Tinggal buka website toko baju online kemudian tinggal milih barang yang kita inginkan. Belanja dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja asal ada akses internet.
  2. Toko online menyediakan apa yang kita butuhkan. Semuanya hampir ada. Dari sekedar barang sederhana dan murah sampai barang yang berharga mahal. Semuanya ada, tinggal kita buka website ya...ng menyediakan kebutuhan kita. Kalau kita mau beli alat elektronik tinggal buka aja website toko elektronik dan sebagainya. Yang lebih asyik lagi kita dapat dengan mudah membandingkan harga dari toko satu dengan toko lainnya dan Mudah Mendapatkan jenis atau model barang terbaru. Dan terkadang kita sulit mencari barang yang di inginkan di kota kita tetapi di toko online banyak yang menyediakan.
  3. Kebanyakan toko online harganya lebih murah daripada toko konvensional. Asal pintar-pintar kita membandingkan harga di pasaran. Karena pemilik toko online biasanya tidak perlu men...yediakan kios khusus sehingga mereka mampu menghemat biaya operasional dan lainnya sehingga toko online biasanya bisa menjual barang lebih murah daripada di pasaran. Bahkan beberapa juga menyediakan barang grosir sehingga harga lebih murah.

 

Kerugiannya:

  1. Barang tidak bisa dicoba
    Bila berbelanja pakaian terutama baju ataupun yang lainnya nggak bisa kita coba. Tapi biasanya toko online menyediakan ukurannya. Kita harus memperhatikan ukuran yang tertera di toko online tersebut. Tidak bisa memegang kainnya, bagaimana kehalusan kainnya dsb.
  2. Kualitas barang tidak sesuai
    Dalam website toko online yang di pajang adalah foto/gambar barang yang di jual. Kesamaan barang hasil foto/gambar dengan yang kita lihat di monitor tidak bisa 100% sama. Mungkin kesamaan dengan barang yang asli hanya 75-90% saja. Hal itu di pengaruhi dari efek pencahayaan dan monitor komputer pembeli.
  3. Ongkos Kirim Mahal.
    Tentunya barang yang kita beli tidak serta merta langsung dapat kita ambil. Pemilik toko online masih memerlukan jasa pengiriman. Dan yang menentukan biaya kirim barang adalah pemilik jasa pengirimaan barang seperti JNE, TIKI, Pos Indonesia, dan sebagainya
  4. Resiko Penipuan
    Hati-hati terhadap toko online yang cuma menipu. Pastikan website tempat belanja online terpercaya. Resikonya: uang sudah ditransfer tapi barang tidak di kirim dan gak pernah dikirim selamanya.

Penipuan-Belanja-Online

Jadi kini Anda dapat memutuskan, cara belanja bagaimana yang bakal Anda pakai?

Selamat berbelanja :)

(Sumber: The Washington Post/Slate Magazine)

No comments:

Post a Comment