Halaman

Monday, October 22, 2012

Mantan Pemain, Latih Cadangan

NICKY Butt kembali ke Manchester United. Tetapi, jebolan Akademi United yang seangkatan dengan Paul Scholes, David Beckham, dan Gary Neville tersebut tidak datang untuk menjadi pemain kembali, tetapi memperkuat jajaran pelatih United.

Mantan pemain yang mencatat 387 penampilan dengan membela United sebelum pindah ke Newcastle United pada 2004 itu telah memperoleh lisensi pelatih. Dia pun membantu pelatih tim reserves United, Warren Joyce, sebelum nanti meniti karir sendiri.

''Nicky akan bekerja dengan tim reserves. Dia telah mendapatkan lisensi pelatih dan hanya butuh tambahan pengalaman bersama kami. Jadi, di sini dia akan mendapatkan segala peluang untuk meniti karir kepelatihan,'' kata Manajer United Sir Alex Ferguson, seperti dikutip Goal.

Ferguson mengungkapkan bahwa Butt sebenarnya berpeluang untuk melatih di klub lain. Tetapi, dia memilih kembali ke United. ''Kami senang dengan kehadirannya. Saya tidak tahu untuk jangka panjang atau tidak. Dia akan membantu pemain muda kami,'' ujar pria yang akrab disapa Fergie tersebut.

Pengalaman Butt sebagai pemain memang akan memberikan wawasan baru bagi para pemain muda di tim reserves United. Dia pernah membela United pada 1992-2004 dan merasakan enam gelar Premier League serta satu Liga Champions.

Setelah keluar dari United, Butt pindah ke Newcastle dan bertahan hingga 2010. Setelah karirnya di Inggris mentok, dia menjajal pengalaman bermain di Asia dengan membela klub Hongkong South China selama semusim.

Selain di level klub, Butt memiliki pengalaman membela negaranya mulai level junior hingga senior. Pada 1997-2004 dia mencatat 39 caps bersama Inggris. Bagi pemain muda, Butt bisa memberikan pengalaman berharga. (ham/c12/ruk)

Sumber: Jawa Pos

No comments:

Post a Comment