Halaman

Saturday, November 28, 2015

Beda Sedikit, Beda Banyak

Jika anda penggemar sepeda seperti saya, anda pasti tahu bahwa Tour de France 2015 dimenangkan oleh Chistopher Froome (Team Sky). Setelah berjuang dengan keras selama 23 hari melewati 21 etape dan menempuh jarak total 3,360.3 km melewati jalan datar, turun kencang di lembah, serta mendaki gunung yang tinggi, Team SKY unggul dengan catatan total waktu 84 jam, 46 menit, 14 detik. Juara kedua diduduki oleh Nairo Quintana (Team Movistar) dengan hanya selisih waktu 1 menit 12 detik.  Perbedaan waktu yang sedikit (apalagi jika dibagi 21 etape), tetapi beda banyak dalam hasil. 

Dari sini saya mengingat pemazmur yang mengatakan: “Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian,hingga kami beroleh hati yang bijaksana.”  Jika kita memperhatikan waktu dengan detail, ternyata 1 menit saja bisa membedakan anda menjadi juara atau tidak.

Ambil waktu 1 menit untuk:
- Mengucap syukur kepada Tuhan
- Mencium & memeluk pasangan anda
- Mendengarkan & mendoakan anak anda
- Memberikan apresiasi kepada staf anda
- Memberi semangat kepada atasan anda
- Berpikir strategis sebelum mengambil keputusan
- Melakukan 1 hal lebih baik dari sebelumnya
- Menghubungi sahabat yang sudah lama tidak saling kontak
- Menjadi berkat buat teman karib anda
- dll.

Beda Sedikit, Beda Banyak (Part 2)
"Barangsiapa setia dlm perkara2 kecil, ia setia juga dlm perkara2 besar. Dan barangsiapa tdk benar dlm perkara2 kecil, ia tdk benar juga dlm perkara2 besar." Lukas 16:10
"We are always striving for improvement, for those 1% gains, in absolutely every single thing we do." Sir Dave Brailsford (Performance Director Team Sky)

Banyak org yg menertawakan Sir Dave Brailsford ketika ia memperkenalkan "marginal gains" &  mulai melakukan perubahan "kecil" itu di Team Sky.

Ia memaksa semua pembalap Team Sky memakai sabun anti bakteri setiap kali mencuci tangan,lantai bengkel di cat putih sehingga debu mudah dibersihkan & tdk mengganggu maintenance sepeda, bis yg di buat super nyaman, ranjang hotel diganti dgn ranjang spesial yg dibawa kemana2, sesi pijat stlh pertandingan dgn menggunakan minyak spesial, bahan seragam yg dipilih untuk dipakai, menimbang makanan sampai ke gram, memilih tempat latihan yg tepat, jadwal latihan yg tdk bisa ditawar, jumlah lomba tiap pembalap diatur dgn seksama, bahkan harus mencukur bulu kaki utk menghemat bbrp detik dalam pertandingan nanti.

Kelihatannya banyak sekali yg dilakukan ttp sebenarnya perubahan yg ditargetkan hanya kecil sekali, yaitu 1%. Tetapi jika 1% ini dilakukan dgn setia, perbedaan sedikit ini membuat perbedaan banyak. Hasilnya Team Sky berhasil memboyong 3 Jersey Kuning Tour De France & kemenangan lainnya yg tdk bs disebutkan satu persatu.  Siapa yg kali ini akan tertawa? 😀

Dari cerita ini saya belajar 4 hal:
1. Hal kecil yg positif/negatif akan membuahkan hasil di depan nanti. Jika kita memilih hal positif kita akan menuai peningkatan dalam hidup kita, tetapi hal negatif akan membawa penurunan kualitas kehidupan.
2. Jgn pernah menyerah walaupun kita hanya bisa melakukan perubahan sedikit. Karena sedikit itu jauh lebih banyak drpd tdk melakukan sama sekali.
3. Tidak ada Super Man, yang ada Super Team. Belajar menghargai keluarga &  Team yg ada.  Krn melakukan perubahan 1% bersama 10 orang jauh lebih mudah drpd melakukan perubahan 10% sendirian.
4. Jgn pernah takut ditertawakan orang lain, krn satu hari nanti sukses kita yg akan menghentikan tawa mrk.

By: Ps. Mill - GMS

No comments:

Post a Comment