Halaman

Saturday, September 8, 2012

Pionir Frame Carbon hingga Bamboo Bike Project

Jawa Pos
Tgl 9/9/12
Siapa yang tak kenal Craig Calfee? Dia adalah pionir produsen road bike berbahan carbon pada akhir 80-an. Karirnya di industri sepeda makin mengkilap pada 1991, ketika karyanya menjadi sepeda carbon pertama yang berpartisipasi di Tour de France dan dikendarai Greg LeMond.

Calfee pun tak pernah berhenti berkarya dan terus menelurkan inovasi. Jika sepeda yang biasa kita kenal terbuat dari besi, aluminium alloy, dan carbon, Calfee justru memutar otak untuk merancang bahan baru yang tak pernah terpikirkan sebelumnya: sepeda bambu yang ramah lingkungan!

Sepeda bambu tak terbantahkan sebagai sepeda yang ramah lingkungan. Selain materialnya relatif murah, mudah didapat, dan mudah didaur ulang, pembuatannya tidak menimbulkan carbon trace yang tinggi seperti pembuatan sepeda biasa.

Seiring dengan pembatasan carbon untuk mencegah pemanasan global, agaknya sepeda bambu adalah solusi yang memang tepat untuk membuktikan komitmen green biking. Calfee menyatakan, sepeda bambu lebih nyaman jika dibandingkan dengan sepeda biasa. Bambu memang dikenal sebagai materi yang ulet, lentur, tetapi kuat. Kelenturan bambu yang digunakan sebagai rangka sepeda ternyata mampu meredam getaran sepeda saat melaju di lintasan off-road.

Calfee pun merancang Bamboo Bike Project yang merupakan organisasi sosial gabungan antara ilmuwan dan insinyur di The Earth Institute, Universitas Columbia. Usut punya usut, ternyata sekitar 20 tahunan silam Calfee mengunjungi Afrika dan mengetahui bahwa sepeda menjadi moda transportasi vital di Benua Hitam. Dia pun terus merancang cara agar sepeda tidak menjadi barang mahal dan bisa dirancang sendiri secara mudah oleh warga.

Kini lahirlah Bamboo Bike Project yang membantu masyarakat miskin di pedesaan di Ghana, Afrika, untuk merakit sendiri sepeda bambu mereka. Bahkan, melalui Bamboo Bike Project, Calfee berharap dapat memproduksi sepeda bambu secara profesional melalui home industry kepada masyarakat internasional.

Frame bambu yang dikombinasikan dengan bahan metal alias duralumin pada bagian-bagian joint sepeda mampu menghasilkan moda transportasi murah, namun elegan dan awet. Tertarik mencoba? Mari belajar pada Calfee dan tim Bamboo Bike Project. (zul/c10/fat)

No comments:

Post a Comment