Halaman

Saturday, October 6, 2012

AC Milan v Inter Milan: Buang Status Pecundang

MILAN - Derby della Madonnina atau derby AC Milan melawan Inter Milan musim ini mungkin tak seheboh musim-musim sebelumnya. Merosotnya prestasi dan minimnya bintang yang menghuni kedua tim menjadi penyebab redupnya derby Milan tersebut. Meski demikian, bagi pendukung kedua tim, derby tetaplah derby. Emosi tifosi kedua tim bakal tercurah saat menyaksikan derby edisi ke-158 itu dini hari nanti (siaran langsung TVRI pukul 01.45 WIB) di San Siro.

Milan memang bertindak sebagai tuan rumah pada derby kali ini. Itu sebabnya, penyebutan venue laga ini adalah San Siro. Sebab, Inter yang memakai venue yang sama sebagai kandang memilih penyebutan Giuseppe Meazza. Uniknya, statistik kedua tim musim ini justru mengenaskan saat bermain di kandang. Milan maupun Inter sama-sama sering menjadi pecundang ketika bermain di laga home. Milan kalah dua kali di San Siro dalam empat laga, sedangkan Inter tumbang tiga kali dari lima laga home.

Milan baru mampu mengakhiri kutukan kandang mereka pada 26 September lalu atau ketika menang atas Cagliari 2-0. Sementara itu, Inter baru memungkasinya pada giornata keenam saat melawan Fiorentina 2-1 (30/9).

Nah, pada derby della Madonnina kali ini, Milan memang lebih diunggulkan. Posisi Rossoneri -julukan Milan- memang lebih jelek ketimbang Inter di pentas Serie A (Milan peringkat ke-11 dan Inter peringkat ke-3). Tapi, grafik penampilan yang mulai membaik membuat tim asuhan Massimiliano Allegri tersebut lebih difavoritkan. Selain itu, karena statusnya tuan rumah, tifosi Milan jelas lebih mendominasi.

Namun, trauma kerap gagal di laga kandang bisa menghantui konsentrasi pemain Milan. Karena itulah, Milan bertekad membuang status pecundang di kandang. "Derby selalu spesial, terutama saat kami dalam kondisi seperti ini," kata Luca Antonini, bek kiri Milan, kepada Milan Channel.

Derby kali ini diperpanas keberadaan Giampaolo Pazzini di Milan dan Antonio Cassano di Inter. Keduanya bertukar klub pada awal musim ini. Pazzini yang musim lalu disia-siakan Nerazzurri -sebutan Inter- kini jadi andalan Milan. Begitu juga Cassano.

"Saya senang telah memilih Milan. Benar, saya memang termotivasi dengan derby setelah apa yang saya lalui bersama Inter. Apakah saya ingin balas dendam? Mungkin sedikit," papar Pazzini kepada Corriere della Sera seperti dikutip Football Italia.

Tetapi, bukan Pazzini yang sekarang dianggap sebagai penentu kemenangan buat Milan, melainkan striker muda Stephan El Shaarawy. Bersama Cassano di Inter, keduanya dianggap bisa menjadi penentu hasil akhir Milan derby.

"Antonio punya kapasitas untuk mengubah hasil laga. Sejak bergabung, dia langsung beradaptasi. Tidak hanya memberikan gol, dia juga mampu menyodorkan assist kepada rekannya," kata Diego Milito, striker Inter, kepada La Gazzetta dello Sport. (ham/c9/bas)

---

AC Milan (4-3-1-2)

Pemain : 32-Christian Abbiati (g); 20-Ignazio Abate, 25-Daniele Bonera, 17-Cristian Zapata, 2-Mattia De Sciglio;18-Riccardo Montolivo, 34-Nigel De Jong, 8-Antonio Nocerino; 10-Kevin-Prince Boateng, 92-Stephan El Shaarawy, 11-Giampaolo Pazzini

Pelatih : Massimiliano Allegri

Inter Milan (3-5-2)

Pemain : 1-Samir Handanovic (g); 23-Andrea Ranocchia, 25-Walter Samuel, 40-Juan; 4-Javier Zanetti, 7-Philippe Coutinho, 19-Esteban Cambiasso, 21-Walter Gargano, 55-Yuto Nagatomo; 22-Diego Milito, 99-Antonio Cassano

Pelatih : Andrea Stramaccioni

Stadion : San Siro

Wasit : P. Valeri

---

Players Figure

AC Milan

Stephan El Shaarawy

Menjadi idola baru pendukung AC Milan pasca hengkangnya Zlatan Ibrahimovic serta belum fitnya Robinho dan Pato. Pada usianya yang masih 19 tahun, El Shaarawy telah mencetak lima gol dalam empat pertandingan terakhir. El Shaarawy diprediksi menjadi pemain terbaik dalam derby dini hari nanti.

Nigel de Jong

Laga dini hari nanti merupakan pengalaman pertama bagi Nigel de Jong di derby della Madonnina. De Jong pun dianggap sebagai salah satu titik lemah Milan. Sebab, meski telah tampil dalam empat laga Serie A musim ini, dia belum bisa mengganti peran yang ditinggalkan Gennaro Gattuso atau Mark van Bommel. Dia baru melakukan 3 intersep, 7 clearances, dan 1 blok.

---

Inter Milan

Antonio Cassano

From hero to zero. Begitulah penilaian publik Milan saat menyambut kehadiran Cassano di San Siro dini hari nanti. Musim lalu Cassano adalah idola bagi Milanisti. Kini dia justru datang sebagai pemain rival. Tapi, ada faktor lain yang membuat publik Milan geram dengan Cassano. Yakni, performanya yang justru lebih bersinar ketika berseragam Inter Milan. Musim ini dia telah menyarangkan empat gol dan satu assist dalam enam pertandingan di Serie A.

Diego Milito

Antonio Cassano sedang on fire awal musim ini. Namun, pemain yang paling ditakuti kubu Milan justru Diego Milito. Sebab, sejak mulai berkiprah di Serie A, Milito sudah delapan kali membobol gawang Milan, enam di antaranya dilesakkan ketika dia sudah berkostum Inter Milan. (ham/c10/bas)

---

Team Update

AC Milan

AC Milan belum bisa menurunkan beberapa pemainnya yang masih dibekap cedera. Mereka antara lain Sulley Ali Muntari, Rodney Strasser, Didac Vila, dan Mathieu Flamini.

Alexandre Pato yang mengalami cedera ketika membela Brasil di Olimpiade 2012 sudah kembali berlatih bersama rekan-rekannya. Hanya, dia belum bisa dimainkan di tim utama karena belum sepenuhnya fit.

Persaingan di bek kiri Milan akan ketat. Bek muda Mattia de Sciglio memang lebih banyak bermain pada awal musim ini ketimbang Luca Antonini. Namun, karena faktor pengalaman, Antonini mungkin jadi pilihan utama.

Stephan El Shaarawy adalah top scorer Milan musim ini dengan koleksi empat gol. El Shaarawy juga sudah dua kali mencetak gol dalam dua pertemuan dengan kiper Samir Handanovic yang kini membela Inter Milan.

Dibanding Inter, suasana di ruang ganti Milan memang lebih panas. Ini dipicu protes beberapa pemain, seperti Djamel Mesbah, yang tak pernah diturunkan pelatih Massimiliano Allegri.

Wakil Presiden Adriano Galliani dikabarkan akan mengundurkan diri dan maju dalam pencalonan presiden FIGC. Bersamaan dengan itu, legenda Milan Paolo Maldini dikabarkan bakal bergabung ke jajaran direksi Milan.

Inter Milan

Inter juga punya masalah dengan panjangnya daftar pemain cedera. Mereka kehilangan Dejan Stankovic, McDonald Mariga, Ibrahima Mbaye, Wesley Sneijder, Rodrigo Palacio, dan Cristian Chivu.

Diego Milito telah mencetak delapan gol dalam delapan pertemuannya dengan Milan. Pada awal musim ini, Milito telah mencetak tiga gol di Serie A Liga Italia.

Milan menjadi musuh favorit Dejan Stankovic. Sebab, dia telah mencetak enam gol ke gawang Milan. Sayang, dini hari nanti dia masih absen karena cedera.

Menyeberang ke rival sekota, Antonio Cassano tampil brilian. Dia telah mencetak empat gol dalam lima pertandingan terakhir.

Setelah menjajal beberapa strategi, Inter mulai paten dengan skema tiga bek. Dalam beberapa pertandingan terakhir, mereka selalu turun dengan skema 3-5-2. Skema itu pernah gagal ketika dipakai Gian Piero Gasperini, pelatih Inter sebelumnya.

---

AC Milan

- Clarence Seedorf, mantan bintang Milan yang kini merumput di Botafogo, memberikan dukungan kepada mantan klubnya jelang derby. "Saya yakin Milan akan keluar sebagai pemenang karena mentalitas tim ini sudah terbentuk".

San Siro terancam hanya terisi dua per tiga dari kapasitas 80 ribu penonton seiring seretnya penjualan tiket. Start buruk Rossoneri di Serie A musim ini merupakan pemicunya. Pekan lalu (26/9), hanya 28 ribu penonton yang menonton laga home Rossoneri kontra Cagliari. Sebagai perbandingan, derby Milan dua musim sebelumnya selalu disaksikan lebih dari 79 ribu penonton.

- Tiga selebriti cantik dan seksi mendukung Rossoneri dalam derby. Yakni, mantan pacar Ronaldinho dan Mario Balotelli, Sara Tommasi. Lalu, Nicole Minetti yang masuk dalam daftar bunga-bunga Silvio Berlusconi, serta model hot Marika Fruscio.

---

Inter Milan

- Hernan Crespo sama-sama pernah membela duo Milan sebagai pemain pinjaman dari Chelsea. Tapi, striker yang pensiun bersama Parma akhir musim lalu itu lebih menjagokan Nerazzurri. "Derby kali ini sebenarnya tanpa favorit, tapi apabila harus memilih, saya pro Inter. Saya kira Diego Milito akan tampil sebagai protagonista".

- Christian Chivu dikabarkan sukses menjalani operasi korektif di kedua jari kaki kanannya. Operasi dilakukan tim medis Inter di Fondazione IRCCS Policlinico San Matteo di Pavia.

- Tiga sosialita jelita di Italia telah memberikan dukungannya kepada Nerazzurri dalam derby, antara lain Elisabetta Canalis yang dikenal sebagai mantan kekasih Christian Vieri. Lalu ada supermodel lingerie berkebangsaan Argentina Belen Rodriguez, serta Melita Toniolo dan Elenoire Casalegno.

Sumber: Jawa Pos, tgl 9/10/12

No comments:

Post a Comment