Halaman

Saturday, October 27, 2012

Cara Menulis Rencana Pemasaran

Rencana Pemasaran adalah laporan, yang dibuat sangat rinci, sangat teliti yang bertujuan mendapatkan strategi pemasaran yang maksimal untuk kepentingan internal perusahaan. Ini adalah dokumen penting bagi kedua departemen pemasaran baik bagi perusahaan besar dan untuk perusahaan yang baru merintis usahanya. Pada dasarnya Marketing Plan adalah:

- Suatu rancangan tindakan yang harus dijalankan oleh tenaga pemasaran untuk melihat secara internal dalam rangka untuk memahami hasil keputusan pemasaran masa lalu.

- Suatu rancangan tindakan yang harus dijalankan oleh tenaga pemasaran untuk melihat faktir eksternal dalam rangka untuk memahami pasar di mana mereka beroperasi.

- Suatu rancangan tindakan yang harus dijalankan oleh pemasar dengan tujuan masa depan dan memberikan arahan bagi upaya pemasaran mendatang bahwa setiap orang dalam organisasi harus memahami dan mendukung.

- Adalah komponen kunci dalam memperoleh pendanaan untuk mengejar inisiatif baru.

Rencana Pemasaran dilakukan dengan alasan sebagai berikut:

1. Diperlukan sebagai bagian dari proses perencanaan tahunan dalam wilayah pemasaran fungsional.
2. Dibutuhkan untuk strategi khusus untuk memperkenalkan sesuatu yang baru, seperti perencanaan produk baru, memasuki pasar baru, atau mencoba strategi baru untuk memperbaiki masalah yang ada.
3. Adalah komponen dalam rencana bisnis secara keseluruhan, seperti sebuah proposal bisnis baru bagi komunitas keuangan.

Ada banyak cara untuk mengembangkan dan memformat rencana pemasaran. Pendekatan yang diambil di sini adalah untuk menyajikan sebuah rencana 6-Bagian yang meliputi:

- Tujuan dan Misi
- Situasional Analisis
- Strategi & Tujuan Pemasaran
- Taktis Program
- Anggaran
- Kinerja Analisis & Implementasi

Rencana ini ditujukan untuk produk individu dan lini produk, bagaimanapun, bisa diadaptasi cukup mudah untuk digunakan dalam perencanaan satu atau lebih unit bisnis strategis (SBU). Panjang halaman disarankan untuk setiap bagian merupakan format satu spasi diketik untuk rencana terfokus pada satu produk. Jelas untuk multi-produk rencana panjang akan agak lama.

Hal ini diasumsikan bahwa orang mengembangkan Rencana Pemasaran memiliki pemahaman kerja prinsip-prinsip pemasaran. Jika Anda tidak mengerti tidak disarankan Anda akan menghabiskan waktu belajar yang cukup tentang pemasaran dasar melalui bagian sebelumnya Prinsip Tutorial Pemasaran.

No comments:

Post a Comment