Halaman

Saturday, October 13, 2012

Harga Sebuah Co-Creation

Oleh Hermawan Kartajaya (60)

MINI Cooper yang cc-nya sama bisa punya harga yang rentangnya antara Rp 500 juta hingga Rp 1,2 miliar. Bergantung aksesorinya! Begitu juga Harley-Davidson yang harga aksesorinya bisa lebih mahal daripada motornya.

Aksesori-aksesori itu biasanya dipilih supaya Mini atau Harley tersebut bisa merefleksikan pemiliknya. Hubungan antara product dan price ada di dalam bingkai value.

Value secara sederhana bisa didefinisikan sebagai product benefit dibagi price. Benefit sendiri bisa dibagi jadi functional benefit dan emotional benefit. Sedangkan price harus ditambah dengan other expenses.

Dengan demikian, value sebenarnya sama dengan total get dibagi total give.Total get adalah total product benefit yang didapat customer. Sedangkan total give adalah total pengeluaran customer.

Kalau seorang customer melakukan co-creation, dia harus tahu konsekuensinya pada currency. Itulah fairness. Saya tertarik untuk naik pesawat kelas bisnis karena adanya kemauan untuk melakukan co-creation berdasar fleksibilitas. Supaya saya bisa gonta-ganti tanggal dan jam penerbangan tanpa di-charge, supaya saya bisa check in dengan nyaman, supaya bagasi saya bisa keluar duluan, supaya makanan saya bisa bervariasi, dan seterusnya.

Nah, bla bla bla itulah yang merupakan co-creation dan akhirnya jadi currency yang harus saya bayar. Secara umum lantas boleh dikatakan, ketika flexibility is the currency, harga pun didesain berdasar fleksibilitas co-creation-nya.

Di IKEA Anda akan bisa berbelanja banyak perabot yang harus dipasang sendiri sesuai dengan besarnya ruang Anda. Di situ juga banyak variasi do it yourself yang bisa Anda pilih untuk jadi co-creation dengan harga yang berbeda. Harga bisa relatif lebih murah jika dibandingkan dengan perabot yang sudah terpasang rapi. Sebab, Anda harus mengeluarkan keringat untuk memasangnya sendiri.

Lantas, kenapa sebuah lukisan dari seorang artis terkenal yang sudah meninggal jadi makin mahal? Sebab, rarity is the currency.

Bukankah nilai sebuah money currency juga begitu? Harganya bisa naik turun karena supply dan demand yang diciptakan dengan cara melakukan pencetakan dan penarikan uang.

Safety is the currency. Sebab itu, mobil yang bisa menawarkan keselamatan lebih tinggi, harganya lebih mahal.

Healthy is the currency. Karena itu, makanan organik mahal. Apa pun currency-nya, asal fair dengan co-creation yang dilakukan antara penawaran marketer dan pemilihan customer, harga itu akan dianggap benar adanya. Sebaliknya, orang akan bilang the price is not right. Meski semurah apa pun harga sebuah produk dibanting!

Bagaimana pendapat Anda? (*)

Sumber: Jawa Pos

No comments:

Post a Comment