Halaman

Tuesday, October 9, 2012

Akhirnya, Three Lions Punya Lapangan

ST George's Park Football Centre, begitulah nama resmi kamp baru timnas Inggris yang diresmikan kemarin (9/10). Kamp di Burton upon Trent, Staffordshire, itu telah lama digadang-gadang bisa menyaingi Clairefontaine-nya Prancis atau Italia yang memiliki Coverciano.

St George's Park yang menelan biaya GBP 120 juta atau lebih dari Rp 1,8 triliun tersebut dibangun di atas tanah seluas 330 acre (sekitar 132 hektare). Fasilitasnya antara lain 12 lapangan yang terdiri atas lapangan utama yang jenis rumputnya sama dengan di Wembley. Sedangkan lima di antara sebelas lapangan latihan lainnya dilengkapi pemanas bawah tanah.

Ada pula lapangan dalam ruangan dengan rumput sintetis dan memiliki kapasitas 200 penonton, gym, kolam renang yang dilengkapi hidroterapi maupun jacuzzi, trek lari dalam ruangan sepanjang 60 meter, serta hotel yang dikelola Hilton dengan kamar-kamar bernama mantan pemain dan pelatih timnas Inggris.

Sebut saja kamar suite bernama Sir Bobby Charlton, lalu ruang ganti bernama Paul Gascoigne dan Bryan Robson. Tak ketinggalan, ada area bench bernama para kolektor 100 caps, termasuk David Beckham. Kompleks yang dirancang sejak 2001 itu juga mencakup tempat pelatihan untuk staf medis, sains, maupun fisiologi.

St George's Park diresmikan langsung oleh Pangeran William sebagai presiden FA (Asosiasi Sepak Bola Inggris) yang didampingi istrinya, Kate Middleton. Peresmian St George's Park juga dihadiri skuad Inggris. "Kini kami tidak akan kesulitan lagi untuk mencari tempat latihan," kata striker Inggris Wayne Rooney kepada Sky Sports.

Ya, sebelum adanya St George's Park, Inggris memang berlatih secara nomaden. Yang paling sering, Three Lions -sebutan timnas Inggris- berlatih di London Colney, markas latihan Arsenal. (dns/c9/bas)

Sumber: Jawa Pos

No comments:

Post a Comment