Halaman

Saturday, October 20, 2012

Korsel Negara dengan Akses Internet Tercepat se-Asia

[Internet Sehat] Sering mengeluh koneksi internet lambat? Ada bagusnya Anda pindah ke Korea Selatan. Sebab negeri ginseng tersebut tercatat sebagai negara Asia yang paling cepat koneksi internetnya, yakni 49% berada di atas 10 Mbps. Disusul kemudian oleh Jepang dengan 37% di atas 10 Mbps, dan kemudian Hong Kong dengan 26%.

Bagaimana dengan Indonesia? Ternyata negara kita tak disebut menduduki urutan ke berapa, yang jelas tidak tergolong yang cukup baik. Hanya disinggung bahwa koneksi internet di Indonesia yang mencapai lebih dari 10 Mbps hanya 1,2% saja. Yang pasti peringkatnya berada di bawah Thailand, China, India, dan Malaysia. Justru Singapura tergolong cukup tinggi, yakni 7,1%.

Demikian laporan yang dibesut oleh Akamai di kuartal kedua 2012 ini. Secara keseluruhan kecepatan koneksi dunia maya mengalami kenaikan sebesar 13% menjadi 3 Mbps dibandingkan dengan kuartal pertama tahun ini. Jepang merupakan negara dengan pertambahan kecepatan koneksi internet tertinggi, yakni 21%.

Data ini cukup sesuai dengan laporan yang dilansir International Telecommunications Union (ITU) pekan silam. Di situ dikatakan bahwa Korea Selatan menduduki peringkat teratas dalam ICT Development Index (IDI). Sementara Jepang menjadi satu-satunya negara di Asia Pasifik yang berada di posisi ke-8 urutan negara yang cukup tinggi dalam akses informasi teknologi, penggunaan, dan ketrampilan.

Bagaimana dengan koneksi internet mobile? Secara global, Akamai mencatat bahwa sebesar 38% pengakses jaringan mobile berasal dari platform Android. Sedangkan 33% dari Safari Mobile milik Apple, 23% dari Opera Mini, dah hanya 4% dari Blackberry.

Sumber: http://ictwatch.com/internetsehat/2012/10/19/korsel-negara-dengan-akses-internet-tercepat-se-asia/

No comments:

Post a Comment