Halaman

Friday, October 19, 2012

Tips Memandikan Bayi

Memandikan bayi memiliki tantangan tersendiri bagi para orang tua terutama bila mereka baru pertama kali mempunyai seorang bayi. Tidak sedikit dari mereka yang tidak mengetahui bagaimana cara memandikan bayi yang benar sehingga mereka menyerahkan semua urusan memandikan bayi kepada pengasuh bayi atau neneknya. Padahal saat mandi merupakan saat yang tepat untuk mencurahkan kasih sayang orang tua kepada anaknya.

Secara garis besar bayi dapat kita kelompokan menjadi 2 bila dihubungkan dengan kegiatan mandi. Ada bayi yang sangat menyukai air sehingga mereka akan sangat senang bahkan tertawa bila dicelupkan ke dalam air, adapula bayi yang menangis dan meronta bila disentuh oleh air. Masuk ke dalam kelompok manakah bayi anda?

Berikut beberapa tips memandikan bayi yang aman bagi bayi dan anda sebagai orang tua.

Bicaralah pada anak anda saat mandi. Kebanyakan orang tua cemberut atau bahkan mengeluarkan tampang masam saat memandikan bayi mereka. Cobalah untuk berbicara atau ngobrol dengan bayi anda walaupun anda tahu bahwa sang bayi tidak akan mengerti apa yang anda ucapkan. Bayi akan merasa aman dan senang bila saat mandi ia tahu anda mencurahkan perhatian padanya. Tidak perlu kalimat kalimat yang berat dan teriak teriak, cukup bicara dengan kalimat sederhana dan lembut.

Walaupun anda bukan seorang penyanyi, cobalah untuk menyanyi saat memandikan bayi. Anak anak sangat menyukai musik khususnya yang berirama riang gembira. Pada gilirannya mereka juga akan menyukai prosesi mandi sebagaimana mereka menyukai lagu yang anda nyanyikan saat memandikan mereka.

Tidak ada salahnya memberikan bayi anda mainan saat mandi. Mainan yang mengapung seperti bebek atau boneka plastik akan menarik perhatian mereka. Dengan bermain diharapkan mereka akan lebih betah berada di bak mandi.

Gunakan bak mandi yang khusus dan aman untuk bayi. Selalulah memegang sang bayi secara hati hati. Ingat bahwa bayi akan licin saat basah jadi anda harus kuat memegangnya tetapi tetap dengan kelembutan. Bila diperlukan, ajaklah seseorang untuk membantu anda memandikan bayi anda terutama bila ia merupakan bayi yang lincah. Alangkah bagusnya bila bak mandi ditempatkan pada alas yang lunak sehingga bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, bayi anda tidak mengalami trauma yang berat.

Mandikan bayi anda pada air yang hangat dan bukan air panas. Atur suhu air berkisar antara 48,9 derajat celsius. Air yang terlalu panas akan membakar kulit bayi anda sebaliknya bila terlalu dingin akan menakutkan mereka.

Sangat penting untuk menanamkan pengertian bahwa mandi sangat bagus untuk kebersihan dan kesehatan kepada bayi atau anak anda. Pandangan yang bagus tentang mandi dan kebiasaan mandi yang bagus akan menghasilkan kesehatan yang bagus pula.

Sumber: http://liputankita.com/artikel-liputankita/tips-memandikan-bayi-liputankita.html

No comments:

Post a Comment