Halaman

Sunday, October 7, 2012

Tips Sederhana Sehat Dengan Tertawa

Tertawa tidak hanya menandakan kebahagiaan, tetapi juga dapat meningkatkan sirkulasi darah sehingga mempercepat proses pemulihan. Tertawa bisa jadi obat terbaik untuk beberapa gangguan kesehatan.

Peneliti dari University of Leed’s School of Healthcare telah menemukan bahwa tertawa dapat mempercepat penyembuhan lebih cepat dibandingkan dengan pengobatan teknologi terbaru.

Hal ini setidaknya berlaku pada pasien yang mengalami luka di kaki. Kebanyakan rumah sakit dan klinik kesehatan menggunakan USG dosis rendah untuk mengobati luka di kaki. Tetapi berdasarkan studi lima tahun yang dilakukan terhadap 337 pasien, pengobatan tersebut tidak memberikan efek apapun untuk mempercepat penyembuhan, menurut laporan British Medical Journal.

"Kunci merawat pasien dengan masalah di kaki adalah dengan merangsang aliran darah kembali dari kaki ke jantung. Cara yang biasanya dilakukan adalah dengan perban kompresi dan stocking yang dikombinasikan dengan pola makan dan olahraga yang benar," jelas pimpinan riset, Professor Andrea Nelson, seperti dilansir BBC News, Jumat (11/3/2011).

Percaya atau tidak, lanjut Prof Nelson, tertawa yang benar-benar hangat dan membuat Anda merasa senang juga dapat membantu mempercepat penyembuhan.

"Hal ini karena tertawa membuat diafragma bergerak dan ini memainkan peranan penting dalam menggerakan darah ke seluruh tubuh," tambah Prof Nelson.

Selama studi ini, tim peneliti berkonsentrasi pada pasien dengan luka yang susah sembuh dan belum pulih setelah enam bulan atau lebih.

Peneliti menemukan bahwa ultrasonik yang digunakan untuk pendekatan standar perawatan (terapi kompresi) tidak berpengaruh pada kecepatan penyembuhan atau kesempatan luka kambuh kembali. Yang justru membantu dalam penyembuhan luka adalah tertawa.

Sumber: http://aneka-tips-sederhana.blogspot.com/2011/03/tips-sederhana-sehat-dengan-tertawa.html

No comments:

Post a Comment