Halaman

Tuesday, October 9, 2012

Sulit Belajar Bahasa Rusia

MOSKOW - Performa timnas Rusia di tangan pelatih Fabio Capello sungguh brilian. Tergabung di grup F kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Eropa, Rusia selalu menang dalam dua laga awal. Tetapi, ada satu masalah Capello yang belum terpecahkan, bahasa.

Bahasa Rusia memang cukup rumit serta membuat Capello sulit berkomunikasi dan hidup di Rusia. ''Semuanya ditulis dalam huruf Sirilik. Saya sangat sulit membaca serta mempelajari huruf Sirilik,'' katanya, seperti dikutip Reuters.

Karena itu, Capello selalu membutuhkan penerjemah. Hal itu menyulitkannya untuk mengekspresikan apa yang ingin dikatakan. ''Kadang, ekspresi yang benar dan kata-kata yang tepat akan sangat banyak membantu,'' papar mantan pelatih timnas Inggris itu.

Meski begitu, Capello tidak mau menyerah. Dia tetap menjadikan bahasa Rusia sebagai tantangan. Apalagi, dia bertekad untuk tinggal di Rusia selama melatih timnas Beruang Merah, julukan Rusia.

Terlepas dari urusan bahasa, Capello sangat enjoy dengan kehidupan di Moskow, ibu kota Rusia, tempat tinggalnya selama ini. ''Moskow kota yang indah. Rusia sedang membangun sepenuhnya. Anda bisa melihat banyak hal,'' ungkapnya.

Menurut Capello, yang paling terlihat sekarang adalah pembangunan yang dilakukan Rusia untuk persiapan menghadapi Piala Dunia 2018. ''Infrastruktur dan stadion untuk Piala Dunia dipersiapkan sejak sekarang. Sungguh negara dengan kehidupan yang menyenangkan,'' ujarnya. (ham/c12/ruk)

Sumber: Jawa Pos

No comments:

Post a Comment